Home / Sepak bola / Fakta Menarik tentang Manchester United
Fakta tentang Manchester United
Fakta tentang Manchester United

Fakta Menarik tentang Manchester United

Fakta Menarik tentang Manchester United

Kali ini Fakta Unik Dunia akan mengupas tentang salah satu klub terbesar dunia dalam artikel sepak bola “Fakta Menarik tentang Manchester United”. Manchester United adalah fenomena pasar global di dunia sepak bola. Walaupun saat ini, prestasinya sedang menurun dibanding masa kejayaan ketika era Sir Alex Ferguson, namun secara brand nama klub Manchester United tetap berada di jajaran atas.

Fakta tentang Manchester United
Fakta Menarik tentang Manchester United

Glory-Glory Man United!

Klub Setan Merah masih berada level top bersama dengan dua raksasa Spanyol: Real Madrid dan Barcelona, Penguasa Bundesliga; Bayern Muenchen dan klub top serie A AC Milan dan Juventus. Untuk 10 Besar klub paling populer di dunia, Liga Primer Inggris menjadi penyumbang terbanyak di jajaran elite tersebut. Selain Manchester United, ada klub-klub seperti Chelsea, Arsenal, Manchester City, dan Liverpool. Ini karena popularitas Liga Inggris dan banyakknya uang yang beredar menjadikan banyak pemain hebat bergaji mahal bermain di sana.

Fakta Menarik tentang Manchester United #1

Awalnya Manchester United adalah klub sepak bola yang didirikan dan dimainkan oleh para pekerja kereta api. Klub ini berdiri pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway atau Newton Heath LYR. Tim ini kemudian berganti nama menjadi Newton Heath FC pada 1892 dan ber homebase di Bank Street. Nama Manchester United baru dipakai setelah sidang dewan pengurusnya sepakat menggunakan nama itu untuk nama klub. Nama Manchester United resmi dipakai sejak 26 April 1902. Nama-nama lain yang sempat diususlkan dalam pertemuan itu antara lain; Manchester Celtic dan Manchester Central.

Fakta Menarik tentang Manchester United #2

Stadion kebanggaan mereka, Old Trafford dibangun oleh ketua klub mereka baru setelah mengambil alih manchester United dan menyelamatkannya dari kebangkrutan, John Henry Davies. Stadion tersebut resmi dipakai sebagai stadion kandang Manchester United pada musim 1909/1910. pertandingan pertama yang dilangsungkan di stadion tersebut adalah laga sengit melawan tetangga mereka yang kemudian menjadi salah satu musuh besar mereka di daratan Inggris, Liverpool pada tanggal 19 Februari 1910. Pertandingan tersebut berakhir dengan kekalahan untuk tuan rumah, dengan skor 3-4.

Fakta Menarik tentang Manchester United #3

Stadion Old Trafford dijuluki sebagai The Theatre of Dreams oleh legenda mereka, Sir Bobby Charlton.

Fakta Menarik tentang Manchester United #4

Manchester United adalah raja atau penguasa sepak bola di daratan Inggris. Mereka memenangkan gelar Liga Inggris sebanyak 20 kali, lebih banyak dibandingkan Liverpool yang tertahan di raihan 18 trofi. Klub ini juga meraih banyak piala, di antaranya: 12 Piala FA, 4 Piala liga, 21 Community Shield (sebelumnya, bernama Charity Shieald), 3 Piala Liga Champions Eropa, Piala UEFA, 1 Piala Winners Eropa (sekarang Europa League), 1 Piala Super Eropa, Interkontinental, Piala Dunia Antarklub

Fakta Menarik tentang Manchester United #5

Pada tahun 1968, Manchester United di bawah arahan Matt Busby, adalah klub Inggris pertama yang memenangkan Piala Champions Eropa.

baca juga: Daftar Juara Liga Champions Eropa

Fakta Menarik tentang Manchester United #6

Momen yang paling layak dan banyak dikenang oleh fan Setan Merah adalah puncak kejayaan mereka ketika meraih treble winners pada musim 1998/1999. Pada saat itu anak-anak asuh Sir Alex Ferguson menjuarai Liga Primer Inggris dengan dramatis sampai dengan pertandingan terakhir, lagu menjuarai Piala FA dan puncaknya adalah Final dramatis di Stadion Camp Nou dengan menumbangkan wakil Jerman, Bayern Muenchen 2-1 ketika pertandingan sudah memasuki tambahan waktu 3 menit. Pertandingan final tersebut akan selalu dikenang sebagai salah satu partai paling dramatis karena MU mampu melakukan comeback dengan dua gol telatnya di menit-menit akhir pertandingan, setelah tertinggal 1-0 sejak awal babak pertama.

Fakta Menarik tentang Manchester United #7

Sejauh ini, Manchester United sudah merasakan lima partai final Liga Champions Eropa. Tiga di antaranya berhasil dimenangkannyan yaitu pada tahun 1968, 1999, dan 2008. Dua lainnya berakhir dengan kekalahan pada tahun 2009 dan 2011, keduanya melawan Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola. Pedih!

Fakta Menarik tentang Manchester United #8

Walaupun secara prestasi akhir-akhir ini mengalami penurunan, akan tetapi Manchester United adalah klub dengan basis penggemar terbanyak di dunia. Dari segi pendapatan, klub ini juga bersaing dengan Real Madrid dan Barcelona sebagai klub terkaya di dunia. Ketidakikutsertaan mereka di Liga Champions tentu memberikan dampak penurunan pendapatan. Namun faktanya, mereka selalu bersaing di tiga besar dunia dalam hal pendapatan.

Fakta Menarik tentang Manchester United #9

Alex ferguson adalah pelatih tersukses di Manchester United dan di Inggris dengan raihan 13 juara liga. Ia melatih sejak 6 November 1986 sampai dengan 2013. Pada masa awal kedatangannya ketika semua tidak berjalan seuai rencana, Sir Alex pernah berada di ambang pemecatan. Namun, yang terjadi dalam rentang waktu perjalanan kariernya yang panjang di klub tersebut adalah sejarah. Posisinya digantikan oleh rekan sama-sama orang Skotlandia, David Moyes. Berturut-turut setelah David Moyes, adalah Louis van Gaal, dan Jose Mourinho (saat ini masih melatih).

Fakta Menarik tentang Manchester United - Trofi Liga Europa
Fakta Menarik tentang Manchester United – Trofi Liga Europa

Fakta Menarik tentang Manchester United #10

Keberhasilan pasukan Jose Mourinho mengalahkan Ajax Amsterdam di partai Final Liga Europa (dengan skor 2-0) menjadi yang pertama bagi United di ajang tersebut (dulu Piala Uefa). Catatan gemilang tersebut sangat berarti karena terukirnya rekor baru sekaligus menyejajarkan MU dengan klub elite yang bisa menjuari tiga trofi mayor Eropa. Ketiga trofi mayor yang dimaksud adalah Liga Champions, Piala Winner, dan Liga Europa (dulu UEFA Cup). Manchester United masuk ke dalam klub elite Eropa bersama dengan Ajax Amsterdam, Bayern Munchen, Chelsea, dan Juventus.

About unik

Check Also

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia - Paul Pogba

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia 2017 Transfer Neymar dari La Blaugrana Barcelona ke klub kaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *