banner 468x60

Apa Itu Plugin WordPress

banner 468x60
banner 160x600

Apa Itu Plugin WordPress

Anda mungkin sering mendengar istilah “plugin” tanpa tahu arti dan fungsinya. Atau bertanya-tanya “Apa Itu Plugin WordPress?” Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak kog yang tidak tahu arti dari kata “Plugin” apalagi orang yang benar-benar awam dengan dunia internet. Singkatnya plugin adalah aplikasi dengan ukuran yang relatif kecil dan ditanamkan (diinstal) ke dalam aplikasi yang lebih besar untuk mengoptimalkan performa atau kinerja.

Anda, para blogger terutama yang menggunakan platform wordpress pasti mengambil manfaat dari adanya plugin wordpress. Plugin ini berfungsi mengoptimalkan kinerja platform tersebut sehingga dapat bekerja dengan lebih optimal.

Apa Itu Plugin WordPress

Apa Itu Plugin WordPress

Plugin bersifat tambahan atau additional untuk menambahkan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada fungsi standarnya. Ada banyak plugin yang bisa kita pilih dan kita instal dan kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Biasanya program utama memberikan antarmuka (interface) sehingga antara plugin dengan program utama dapat saling berinteraksi.

Plugin WordPress

Dari penjelasan tersebut di atas, Plugin WordPress dapat didefinisikan sebagai suatu program tambahan yang bersifat optional yang bisa kita integrasikan dengan wordpress dan memberikan manfaat berupa fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi program standar.

Contoh-contoh plugin wordpress antara lain Yoast SEO untuk optimasi SEO pada wordpress, Akismet Antispam, Sitemap, dan lain-lain.

Terus Definisinya Widget Apa ya?

Widget WordPress

Selain plugin, kita juga sering mendengar Widget. Keduanya sepertinya serupa tapi nggak sama lho. Widget adalah aplikasi dengan ukuran relatif kecil yang dapat diinstal, ditanam dan dieksekusi dalam halaman web oleh pengguna atau end user dan memungkinkan pengguna untuk melakukan perubahan konten pribadi ke dalam aplikasi web yang bersifat dinamis yang bisa dibagi pada website di mana kode dapat diinstal. Dengan mengubah widget kita bisa mengubah tampilan web sesuai dengan keinginan kita.

Widget biasanya dieksekusi dalam bentuk DHTML, JavaScript, ataupun Adobe Flash. Widget bisa diartikan sebagai aplikasi download yang terlihat dan bertindak seperti aplikasi standar tetapi diimplementasikan dengan menggunakan teknologi web. Termasuk ke dalam aplikasi web tersebut adalah JavaScript, Flash, HTML, dan CSS.

Baca juga: Apa Itu Hosting dan Domain?

Dengan demikian, Widget WordPress adalah aplikasi mandiri atau yang berdiri sendiri yang dapat tertanam ke situs pihak ketiga (dalam hal ini bisa wordpress.com atau wordpress.org-selfhosting ) oleh end user atau pengguna pada halaman di mana mereka memiliki hak-hak kepengarangan.

Perbedaan Plugin dengan Widget WordPress

Nah, sekarang mudah-mudahan sudah semakin jelas ya tentang definisi keduanya. Dari definisi tentang plugin wordpress dan widget kita dapat melihat persamaan di antara keduanya. Baik Plugin maupun widget, keduanya sama-masa mempunyai fungsi untuk meningkatkan performa dari wordpress itu sendiri.

Namun demikian, pada instalasinya widget wordpress ditampilkan di bagian sidebar (bagian samping) panel wordpress dan biasanya tanpa harus mengubah kode-script. Sementara itu plugin wordpress yang kita instal, lebih banyak bekerja di belakang sistem dan tidak muncul di tampilan.

Selanjutnya baca:Apa Itu Blog dan Cara Membuatnya

banner 468x60
Rate this article!
Apa Itu Plugin WordPress,0 / 5 ( 0votes )
Tags:
author

Author: