Bikin Segar Mata, Mengungkap 10 Negara Terbersih di Dunia

 

Mendapat peringkat sebagai negara terbersih di dunia sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat negara tersebut. Kebersihan merupakan suatu keadaan yang harus dijaga agar tidak terdapat penyakit maupun bakteri di dalamnya.

Sudah menjadi kewajiban rakyat dan pemerintah untuk selalu menjaga kebersihan di mana pun berada.

Sejumlah peneliti di Universitas Yale dan Universitas Columbia melakukan kerja sama dengan Forum Ekonomi dunia untuk mengukur seberapa bersih negara di Dunia, dalam kerja sama itu mereka merilis Indeks Kinerja Lingkungan (EPI) tahun 2020.

Dari kerja sama tersebut diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan kebersihan yang harus selalu ditingkatkan, sebagian besar predikat sebagai negara terbersih di dapatkan negara-negara di Eropa. Penasaran apa saja negaranya? Ini dia 10 negara terbersih di dunia, yang dilansir dari World Population Riview.

1.  Denmark

Negara Denmark mendapat peringkat pertama sebagai negara terbersih di dunia, dengan total skor EPI 82,5 Denmark mencakup beberapa kategori yaitu, indeks Perlindungan Spesies (100), Pengolahan Limbah (99,8), dan Pengolahan Air Limbah (100).

Woww, terbayang betapa bersihnya negara yang satu ini, dari Negara Denmark kita bisa mencontohnya untuk merawat dan menjaga lingkungan sekitar kita agar terhindar dan terbebas dari penyakit.

  1. Luksemburg

Negara Luksemburg menduduki peringkat ke-2, berbeda dengan Negara Denmark Negara Luksemburg mendapatkan skor EPI 82,3. Mencakup skor Emisi Polusi (100), skor Air Minum (97,7), dan skor skor Sanitasi (100).

Negara ini berisi sebagian besar perdesaan dengan jumlah penduduk kurang dari 600.000 jiwa.

  1. Swiss

Mendapat skor EPI 81,5, tidak ada kekhawatiran jika Negara Swiss menempati peringkat ke-3 sebagai negara terbersih di dunia, karena Negara Swiss terkenal akan air bersih serta menyiarkan yang berlimpah. Swiss unggul dalam Sektor Air Bersih (100) dan Sanitasi (100).

  1. Inggris Raya

Peringkat ke 4 telah diduduki oleh Inggris Raya, dengan skor EPI 81,3 negara ini mengagumkan pada bagian Air Minum, Emisi Polusi, dan Sanitasi. Selain itu, jumlah negara ini yang melebihi 66 juta jiwa membuatnya tetap menjaga kebersihan.

  1. Perancis

Selanjutnya ada Negara Prancis dengan skor EPI 80. Negara Prancis yang padat penduduknya serta dikenal sebagai negara industri.

Kurang lebih 80% energi industri berasal dari energi nuklir, hal ini membuatnya mengurangi emisi karbon, sehingga Negara Prancis mendapatkan skor 100 dalam Emisi Polusi.

  1. Australia
10 Negara Terbersih di Dunia
Bersihnya Negara Australia, sumber : pinterest.com/leanne_blaize

Negara Australia memperoleh posisi ke-6 setelah Prancis dengan skor EPI 79,6. Sebagai negara terbesar ke-6, Australia berusaha mengurangi polusi udara dan lingkungan, ini menjadikan Negara Australia menjadi negara terbersih ke-6 di dunia.

Selain itu, Negara Australia memiliki peraturan ketat tentang spesifikasi dan pupuk, serta mendapat peringkat ke-5 dalam hal ekosistem ekosistem.

  1. Finlandia

Finlandia menduduki posisi ke-7 sebagai negara terbersih di dunia dan mendapat skor EPI 78,9. Memiliki skor 99,3 untuk kebersihan lingkungan, 98,8 untuk kualitas udara, serta mencapai peringkat sempurna untuk Sanitasi Air & Minum dan Paparan Logam Berat.

  1. Swedia

Mendapatkan peringkat ke-8 membuat Swedia cukup berhasil menjaga kebersihan udara serta mempunyai emisi gas karbon dioksida yang rendah. Skor yang didapat Negara Swedia yakni 78,7. Sama dengan Australia, Swedia mendapat peringkat sebagai negara dengan udara bersih ke dua di dunia.

  1. Norwegia

Di peringkat ke-9 ada Negara Norwegia yang memiliki skor 77,7. Norwegia juga memiliki skor sempurna di bidang Sanitasi & Air Minum dan 97,9 untuk skor kualitas udara.

Baca juga : Midnight Sun di Norwegia

Norwegia menggunakan listrik terbarukan sekitar 97%. Selain itu, negara ini mendapat peringkat ke 2 pada kesehatan lingkungan.

  1. Jerman

Nah di urutan terakhir ada Negara Jerman, negara yang maju dengan kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Negara Jerman memiliki skor EPI 77,2. Selain itu, Jerman juga menempati peringkat ke-4 pada Keanekaragaman Hayati dan Habitat.

Itulah negara-negara yang mendapatkan peringkat sebagai 10 negara terbersih di dunia, dari negara-negara tersebut kita dapat mencontoh untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta mengurangi polusi polusi agar mengurangi penyakit yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top