banner 468x60

APA Itu Fanpage dan Manfaatnya

banner 468x60
banner 160x600

Apa Itu fanpage

Apakah Fanpage Itu dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa itu fanpage dan manfaatnya untuk bisnis online? Tidak dapat dipungkiri bahwa facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia, sampai pertengahan tahun 2017 ini penggunanya terus bertambah dan mencapai 90 juta pengguna (dari sekitar 250 juta jiwa penduduk Indonesia). Dalam perkembangannya, banyak perusahaan besar atau bahkan usaha kecil mulai menggunakan media sosial Facebook untuk berbisnis.

Baca juga: Fakta Pengguna Internet di Indonesia 

Lalu apa sebenarnya definisi fanpage dan apa manfaat terbesarnya?
Fanpage adalah sebuah halaman khusus seperti halnya blog yang memberikan berbagai macam informasi sesuai dengan keinginan owner yang bisa mewakili lembaga, organisasi, perusahaan, layanan, pendidikan, produk, figur publik, komunitas, dan lain sebagainya. Semakin besar atau semakin banyak jumlah fans atau penggemar, maka semakin besar pula peluang pemilik fanpage encapai tujuannya baik itu penjualan, peserta event, atau interaksi.

Apa Itu Fanpage FB

Apa Itu Fanpage FB

Bisnis Online Terus Berkembang

Sebelum fanpage populer, para pemilik bisnis membuat akun facebook baru dengan nama merek yang mereka inginkan lalu mulai beriklan di status Facebooknya. Setelah ada fitur fanpage yang user friendly, para pebisnis mulai beralih ke fanpage dan mengelolanya. Para pengguna Facebook hanya perlu menyukai (like) fanpage tersebut dan otomatis akan menjadi penggemar atau follower yang selalu mendapatkan update tiap kali pemilik fanpage memperbarui statusnya. Mudah dan praktis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dengan memiliki fanpage

Secara umum melalaui fanpage, Facebook memberikan kepada kita banyak manfaat yang dapat kita optimalkan dalam menjaring nasabah, konsumen, atau penggemar. Dengan terus meng-update segala sesuatunya di fanpage, kita dapat terus menjalin komunikasi ataupun layanan kepada penggemar fanpage kita. Dengan demikian, informasi dapat kita sebarkan dengan cepat dan praktis hanya dengan sekali klik.

Apa Manfaat Fanpage untuk Bisnis Online
Pebisnis online sekarang sudah semakin canggih dalam memanfaatkan semua fitur dan aplikasi yang ada. Mereka bukan hanya berjualan online dengan cara membombambir broadcast BBM atau tag membabi buta ke segala arah yang justru berakibat diunfried atau diblok. Facebook membaca peluang pasar yang sangat besar dan gurih. Maka akun pribadi tidak seharusnya untuk promosi atau berjualan. Facebook sudah menyediakan lewat fanpage yang bisa dikelola dan dioptimalkan dengan mudah dan praktis.

Apa Itu Fanpage FB

Apa Itu Fanpage FB – Fanpage faktaunikdunia.com

1. Unlimited Fans

Lewat fanpage kita bisa mengumpulkan basis penggemar atau prospek pelanggan dan calon pembeli produk yang kita tawarkan. Pemilik toko online, pemilik bisnis atau perusahaan bisa dengan mudah mengirimkan semua informasi, event, kegiatan, promo, atau apa pun yang mereka inginkan dan menjangkau lebih banyak orang. Jumlahnya bisa tidak terbatas alias unlimited!

2. Membedakan dengan Akun Personal

Karena Facebook sudah membuatkan fanpage untuk kepentingan bisnis, maka berbisnislah di fanpage, jangan di akun personal lagi ya … Namun demikian, masih banyak pebisnis online yang mungkin tidak mau repot-repot membuat fanpage sehingga mencampur aduk antara akun personal dan jualan. Selain tidak enak dilihat, Facebook juga tidak menyukai hal tersebut lho.

3. Terindeks di Mesin Pencari

Salah satu keuntungan mempunyai fanpage adalah nama fanpage Anda terindeks di mesin pencari Google. Dengan demikian, merek bisnis, nama brand atau website yang memiliki fanpage akan mudah ditemukan oleh search engine alias mesin pencari.

4. Terkesan Lebih Profesional

Pebisnis online yang memiliki fanpage akan terlihat lebih profesional daripada pebisnis online yang jualan menggunakan akun personal. Selain memiliki fanpage, Anda juga disarankan untuk memiliki website sehingga bisnis Anda terkesan lebih profesional. Anda sama halnya orang lain, pemilik akun facebook personal pasti akan merasa malas berteman dengan merek atau brand. Berbeda halnya ketika ada invitation atau undangan untuk memberikan like pada fanpage tertentu yang kebetulan sesuai dengan interest Anda.

5. Update Akan Muncul di Newsfeed

Keuntungan lain memiliki fanpage adalah bahwa semua postingan atau update yang dilakukan seller (owner bisnis) di fanpage akan selalu muncul di newsfeed atau beranda milik fan. Yang diperlukan atau dilakukan fan atau prospek buyer hanya memberikan like, selanjutnya ia akan mendapatkan informasi yang diposting di fanpage. Para pebisnis online menamkan fanpage ini sebagai kolam> Bayangkan betapa gurihnya hal tersebut kalau fanpage kita di-like oleh, ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan orang.

6. Jumlah Follower atau Liker Tidak Terbatas

Dibandingkan akun personal, fanpage mempunyai keunggulan dalam menjaring prospek melalui like. Akun personal dibatasi sampai dengan 5000 pertemanan. Sementara itu fanpage bisa menjaring massa atau audiens dalam jumlah yang tidak terbatas. Itulah mengapa Facebook tidak menyarankan kita berbisnis di akun pribadi dan menyarankan kita untuk membuat fanpage untuk kepentingan bisnis.

7. Fanpage Bisa Di-Tag oleh Semua Pengguna FB

ya, fitur fanpage ini dibuat supaya semua pengguna FB bisa men-tag-nya tanpa perlu berteman sekalipun. Berbeda halnya dengan akun personal yang mengharuskan kita untuk berteman terlebih dahulu untuk bisa men-tag orang yang bersangkutan.

8.Fitur Check-In pada Fanpage

Pengguna Facebook yang baik, selain fanpage bisa ditag siapa saja tanpa perlu berteman, kita juga bisa check in di lokasi tertentu. Misalnya ketika kita sedang menginap di hotel tertentu, sedang nongkrong di kafe tertentu, atau mengisi bahan bakar di SPBU tertentu kita bisa update status check in di sana karena nama merek tersebut adalah fanpage bukan akun personal. Jadi buat teman-teman pemilik bisnis, jangan ragu-ragu untuk membuat fanpage supaya produk Anda dikenal luas yaa …

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: