Home / Sepak bola / Fakta Unik tentang Liga Inggris
Fakta Unik tentang Liga Inggris
Fakta Unik tentang Liga Inggris

Fakta Unik tentang Liga Inggris

Fakta Unik tentang Liga Inggris

Fakta Unik tentang Liga Inggris yang Mungkin Tidak Diketahui

Apakah Liga Inggris atau English Premier League adalah liga tertua di dunia? Kenapa banyak yang mengatakan bahwa Liga Inggris adalah liga paling kompetitif di dunia? Fakta Unik tentang Liga Inggris apa saja yang mungkin terlewatkan? Kenapa jika liganya terbaik tetapi tidak berimbas ke tim nasionalnya?

Seperti kita ketahui tim nasional Inggris baru sekali meraakan gelar bergengsi Piala Dunia dan itu sudah sangat lama sekali banget, yaitu ketika ajang kejuaraan tersebut dilangsungkan di Negeri Ratu Elisabeth pada tahun 1966 lalu.

Sejarah Liga Primer Inggris

Berikut ini ada beberapa fakta unik dan menarik berkaitan dengan Liga Inggris yang berubah format baru di era sepak bola modern pada 1992 lalu.

Fakta Unik tentang Liga Inggris
Fakta Unik tentang Liga Inggris

Fakta Unik tentang Liga Inggris #1. Liga Paling Populer di Dunia

Liga Paling Populer di Dunia. Liga Inggris atau dikenal juga sebagai Premier League adalah liga paling populer atau paling banyak ditonton di seluruh dunia. Industri televisi di era global berpadu dengan pertandingan yang ketat dan menarik hadir di layar kaca dan dinikmati jutaan pasang mata penikmat bola di seluruh dunia.

Dari tahun ke tahun harga paket siaran Liga Inggris terus mengalami kenaikan. Siaran Liga Inggris menjadi yang paling mahal meninggalkan siaran liga-liga negara lain seperti Serie A Italia, Bundesliga Jerman, dan La Liga Spanyol.

Fakta Unik tentang Liga Inggris #2. Menggunakan Format baru Pada Musim 1992/1993

Sebelum tahun 1992, Liga Inggris menggunakan format lama di mana kasta tertinggi sepak bola Inggris adalah Divisi Pertama atau Football League First Division. Premier League dibentuk pada tahun 1992, setelah beberapa klub sepak bola teratas membuat liga dengan kesepakatan bersama stasiun tivi dan menjadi siaran yang mengglobal.

Awalnya kompetisi tersebut bernama FA Premier League. Kedatangan sponsor utama yang menggelontorkan dana dalam jumlah besar turut mengubah nama kompetisi ini menjadi Barclays Premier League atau disebut juga sebagai English Premier League dan sekarang kita cukup menamainya sebagai Premier League.

Fakta Unik tentang Liga Inggris #3. Masih Mendapat Koefisien Pertama di Eropa

Perhitungan koefisien liga di negara-negara Eropa adalah lima tahun ke belakang. Koefisien tersebut menentukan jumlah tim yang mendapatkan jatah bermain di kompetisi elite benua biru yang merupakan kasta tertinggi sepak bola antarklub Eropa yaitu Liga Champions. Tiga besar koefisien liga di kompetisi negara-negara Eropa  erhak mengirimkan 4 tim ke Liga Champions musim berikutnya, dengan catatan peringkat 1-3 lolos langsung ke fase grup dan peringkat 4 memainkan babak play off menuju fase grup. Baca juga: Daftar Juara Liga Champions Eropa

Dalam beberapa musim terakhir Liga Inggris masih berada di level koefisien pertama bersama La Liga Spanyol dan Bundesliga. Namun demikian, posisi Liga Primer mendapat ancaman serius dari Serie A Italia yang dalam beberapa edisi terakhir mampu melangkah jauh di kompetisi ini.

Fakta Unik tentang Liga Inggris #4. Sempat “Menghilang” dari Kompetisi Eropa

Sebelum dimulainya era modern sepak bola Inggris melalui gelaran Premier League, klub-klub sepak bola Inggris sempat tenggelam di percaturan kompetisi Eropa. Menengok kembali sepak bola Eropa di tahun 1980-an akhir dan awal 1990-an, Liga Inggris kalah mentereng dan tertinggal di belakang Liga Serie A Italia dan juga La Liga Spanyol. Hooliganisme dan berbagai kericuhan di sepak bola membuat sepak bola Inggris dihukum tidak boleh berpartisipasi selama lima tahun, khususnya setelah  terjadinya Tragedi Heysel pada tahun 1985.

Fakta Unik tentang Liga Inggris #5. Manchester United, klub tersukses di Liga Inggris

Sebelum liga Inggris berubah format yang profitable di tahun 1992, raja sepak bola Inggris adalah Liverpool FC dengan 18 raihan gelar juara. Manchester United alias Setan Merah menjadi raja di era sepak bola modern dan sejauh ini sudah meninggalkan Si Merah dengan 20 trofi Liga Inggris. Di Era Premier League dari tahun 1992 sampai dengan 2017, Liverpool belum sekali pun merasakan gelar juara lagi. Prestasi terbaik mereka hanya sekedar mendekati gelaar juara dengan menjadi runner up.

Fakta Unik tentang Liga Inggris #6. Berapa Klub yang Bisa Bertahan di Kasta Tertinggi

Sejak Liga Primer atau sepak bola Inggris format baru digelar pada tahun 1992 lalu, banyak klub silih berganti naik dan turun divisi. Klub-klub yang di masa awal terlihat solid dan konsisten, sekarang ada yang sudah terjerembab ke divisi bawah. Dahulu kita mengenal klub sepak bola seperti Wimbledon, Coventry City, Derby County, Sheffield Wednesday pernah bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Ada juga Leeds United yang didominasi pemain-pemain muda pernah melaju sampai dengan babak semifinal Liga Champions. Bahkan klub kaya raya yang kini diarsiteki oleh Pep Guardiola pernah mempunyai prestasi yang naik turun kasta. Yang terbaru adalah Newcastle United yang pernah berjaya semasa diperkuat Allan Shearer turun divisi untuk kembali lagi musim ini di divisi utama.

Sejauh ini hanya ada beberapa klub yang konsisten bertahan di Liga Primer. Mereka adalah Arsenal, Chelsea, Everton, Liverpool, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Fakta Unik tentang Liga Inggris #7. Liga dengan Perputaran Uang Luar Biasa

Dominasi klub-klub besar dan uang terjadi di hampir semua liga di seluruh dunia. Siapa yang punya uang banyak, mereka bisa melakukan banyak hal lebih leluasa dibandingkan dengan klub-klub dengan dana yang terbatas. Liga Inggris bisa dikatakan lebih kompetitif dibandingkan liga-liga terkemuka Eropa lainnya.  Ini terjadi karena kekuatan baik finansial maupun materi pemain yang tidak terlalu jomplang. Klub-klub medioker selain menggenjot pemasukan dari tiket penonton juga mendapatkan aliran dana yang lumayan dari penjualan hak siar televisi.

Namun demikian, tidak semua yang memiliki jumlah dana besar mampu mengonversikannya dengan gelar juara. Contoh yang paling baru adalah keberhasilan tim kecil Leicester City menjuarai liga pada tahun 2015/2016 lalu. Semusim berselang Chelsea kembali meraih gelar juara menyisihkan klub-klub yang sebelumnya menggelontorkan dana besar untuk belanja pemain seperti Manchester City dan Manchester United.

Daftar Juara Liga primer Inggris

Lalu bagaimana dengan distribusi gelar juara di era Premier League tersebut? Berikut ini adalah daftar juara dan runner up sepak bola Inggris atau English Premier League, setelah menggunakan format baru sejak 1992

Musim       Juara      Peringkat kedua
1992–93   Manchester United Aston Villa
1993–94   Manchester United Blackburn Rovers
1994–95   Blackburn Rovers Manchester United
1995–96   Manchester United Newcastle United
1996–97   Manchester United Newcastle United
1997–98   Arsenal Manchester United
1998–99   Manchester United Arsenal
1999–2000 Manchester United Arsenal
2000–01   Manchester United Arsenal
2001–02   Arsenal Liverpool
2002–03   Manchester United Arsenal
2003–04   Arsenal Chelsea
2004–05   Chelsea Arsenal
2005–06   Chelsea Manchester United
2006–07   Manchester United Chelsea
2007–08   Manchester United Chelsea
2008–09   Manchester United Liverpool
2009–10   Chelsea Manchester United
2010–11   Manchester United Chelsea
2011–12   Manchester City Manchester United
2012–13   Manchester United Manchester City
2013–14   Manchester City Liverpool
2014–15   Chelsea Manchester City
2015–16   Leicester City Arsenal
2016-17   Chelsea Tottenham Hotspur


About unik

Check Also

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia - Paul Pogba

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia 2017 Transfer Neymar dari La Blaugrana Barcelona ke klub kaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *