Home / Sepak bola / Fakta Unik tentang Barcelona dan Sejarahnya
Fakta Unik tentang Barcelona
Fakta Unik tentang Barcelona

Fakta Unik tentang Barcelona dan Sejarahnya

Fakta Unik tentang Barcelona

Fakta Menarik tentang Barcelona dan Dominasi Penguasaan Bola

Fakta Unik tentang Barcelona yang mungkin belum Anda ketahui ini akan membuat Anda geleng-geleng kepala. Dalam beberapa musim terakhir, sepak bola Eropa dikuasai oleh dominasi tim-tim asal Spanyol. Keperkasaan klub-klub asal Spanyol berdampak pula pada kejayaan tim nasional di mana tim matador Spanyol sempat berjaya di kancah Eropa maupun Dunia. Fakta unik tentang Barcelona atau Blaugrana ini selalu tidak bisa dilepaskan dari kisah rivalitas abadinya dengan Real Madrid. Baca juga: Fakta tentang El Classico Real Madrid Vs Barcelona.

Berbicara tentang Barcelona, kita seperti membicarakan bahwa sepak bola adalah perjuangan yang tidak kenal menyerah. Semua hal bisa terjadi. Ini mengacu pada come back paling sensasional sepanjang sejarah sepak bola di babak perempat final Liga Champions musim 2016/2017 yang baru lalu. Kalah telak 0-4 di laga pertama melawan Paris Saint Germain, harapan El Barca lolos ke semifinal diibaratkan seperti masuk ke dalam lubang jarum. Namun yang terjadi adalah sejarah. Di leg kedua mereka benar-benar lolos dari lubang jarum setelah secara dramatis memutarbalikkan semua pengamat dengan mengalahkan PSG dengan skor 6-1!

Fakta Unik tentang Barcelona
Fakta Unik tentang Barcelona

Sejarah Rivalitas Paling Sengit di Dunia

Barcelona lebih daripada sekadar sepak bola. Klub ini telah menjadi simbol budaya dan perlawanan dari wilayah Katalan (Katalonia) terhadap pemerintah pusat yang terletak di Madrid. Rivalitas Barca dan Madrid bisa dikatakan sebagai partai derby terpanas di dunia yang selalu dinantikan siarannya oleh jutaan pasang mata pecinta bola di seluruh dunia.

Bersama dengan Real Madrid dan Athletic Bilbao, Blaugrana menjadi tiga tim yang selalu bermain di kompetisi level atas La Liga Primera. Mereka belum pernah terdegradasi ke Segunda Division alias divisi dua kompetisi La Liga Spanyol.

Klub asal Catalan ini meraih kesuksesan luar biasa dengan menyapu bersih semua trofi yang mungkin mereka raih pada masa kepelatihan Pep Guardiola. Pada tahun 2009 Barcelona FC menjadi klub Spanyol pertama yang meraih Treble Winner dengan menjuarai La Liga Spanyol, Copa Del Rey, dan juga Liga Champions Eropa. Mereka melanjutkan rentetan gelar dengan meraih Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, serta Piala Dunia Antarklub FIFA untuk menjadikan raihan gelarnya menjadi sextuples.

Pada era kepelatihan Joseph Guardiola, Barcelona memperkenalkan gaya permainan dan membius semua pecinta bola dengan tingkat penguasaan bola yang sangat tinggi. Penguasaan ala Total Votball yang diimplementasikan dalam gaya tiki-taka tersebut pernah merajai Eropa dan Dunia. Gaya tiki-taka tersebut membuat setiap lawannya bermain ultra defensif karena selalu gagal memenangkan perebutan bola. Dua kali masuk final Liga Champions, mereka membuat raksasa Inggris Manchester United mati gaya dan takluk masing-masing dengan skor 3-1 pada 2009 dan 2-0 pada 2011.

Fakta menakjubkan tentang La Blaugrana datang dari akademi sepak bolanya, La Masia yang menghasilkan pemain-pemain berbakat. Pada tahun 2010, Barcelona mencatatkan sejarah dengan mengirimkan tiga wakilnya yang terpilih menjadi nominasi pemain terbaik dunia. Mereka adalah Lionel Messi, Iniesta, dan Xavi Hernandez.Belum pernah ada tiga pemain terbaik berasal dari klub dan akademi sepak bola yang sama.

Persaingan Barcelona dengan Real Madrid yang menjadi rivalitas abadi dalam dunia sepak bola dan terkenal dengan sebutan El Clasico turut diwarnai persaingan politik dan pengaruh dari dua wilayah yang sejak dulu memang mempunyai riwayat persaingan yang sengit. Barcelona mewakili wilayah Catalonia (sebagai daerah bekas jajahan), sementara Madrid mewakili wilayah Castilla yang menjadi pemerintahan pusat. Selengkapnya baca: Fakta Unik tentang El Clasico Real Madrid Vs Barcelona.

Transfer Penuh Dendam

Rivalitas Barcelona dan Madrid menjadi semakin buruk pada periode tahun 1950-an. Pemicunya adalah transfer kontroversial Alfredo Di Stefano yang akhirnya menjadi pemain, legenda, dan kunci kesuksesan klub asal ibu kota semenjak kedatangannya. Awalnya Di Stefano juga menandatangani kontrak untuk bermain bersama El Barca. Cerita Di Stefano yang akhirnya memilih bermain di Madrid dipercaya banyak pihak karena adanya intervensi dan tekanan para petinggi di pemerintahan dan klub Real Madrid.

Fakta Unik tentang Barcelona berikutnya adalah kenyataan bahwa derbi melawan tim sekota mereka yang dikenal sebagai El Derbi Barceloni adalah pertandingan melawan tim dengan nama Espanyol. Melihat begitu kental persaingan yang berbau politis antara daerah Catalonia dengan Castilla, kita seperti melihat sebuah anomali di mana tim sekota dengan Barca bernama Espanyol. Dalam beberapa tahun terakhir bahkan sempat muncul wacana Catalonia memisahkan diri dari Spanyol. Ini terjadi karena klub Espanyol adalah representasi dari kerajaan Spanyol. Klub ini didirikan secara eksklusif oleh penggemar sepak bola Spanyol. Catalonians melihat klub Espanyol sebagai wakil provokatif Madrid.

Dominasi Duo Raksasa

Barcelona selalu menjadi penantang serius bagi Real Madrid untuk meraih trofi la Liga Spanyol. Sejauh ini kedua klub tersebut mendominasi sepak bola Spanyol dalam kurun waktu yang lama, sementara tim-tim lain hanya sekadar menjadi penggembira. Barcelona sudah memenangkan 24 trofi La Liga (Madrid 33 kali), mereka menjadi raja di turnamen Copa del Rey dengan 28 trofi, 12 supercopa de Espana, 3 Copa Eva Duarte, 2 Piala Copa de La Liga. Mereka juga sudah meraih 5 kali gelar Liga Champions Eropa. Sementara Madrid jauh meninggalkan tim-tim lain dengan koleksi 12 gelar juaranya. Selengkapnya, baca Daftar Juara Liga Champions Eropa.

Walaupun rivalitas Barcelona dan Madrid berlangsung sengit. Faktanya ada beberapa pemain yang pernah membelot dan berbalik memperkuat tim lawan. Luis Enrique dan Luis Figo adalah beberapa pemain pernah berseragam Madrid maupun Barcelona. Namun konsekuensinya sungguh tidak mengenakkan. Yang paling kuat dalam ingatan adalah Luis Figo. Sempat menjadi pujaan publik di Camp Nou, Figo membelot dan memperkuat klub yang menjadi musuh besar fans Blaugrana. Ketika harus bermain lagi di kandang Barca, Figo benar-benar mendapatkan mimpi buruk. Bukan hanya siulan dan cemoohan yang ia terima, ia juga dilempar dengan kepala babi ketika hendak melakukan tendangan sudut. Syerem banget yaa …

Rivalitas kedua klub seakan tidak pernah berhenti. Bukan hanya pencapaian prestasi dengan banyaknya trofi yang diraih, kedua klub saat ini diperkuat oleh dua pesepak bola terbaik dunia yang juga selalu berkompetisi dalam perebutan gelar pemain terbaik dunia dalam FIFA Ballon d’Or. Sejauh ini Lionel Messi sedikit unggul dengan Lima gelar, sementara Cristiano Ronaldo meraihnya sebanyak 4 kali.

 

About unik

Check Also

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia - Paul Pogba

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia 2017 Transfer Neymar dari La Blaugrana Barcelona ke klub kaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *