Home / World / Mengatasi Pemanasan Global atau Global Warming
Mengatasi Pemanasan Global - Reboisasi
Mengatasi Pemanasan Global - Reboisasi

Mengatasi Pemanasan Global atau Global Warming

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Mengatasi Pemanasan Global menjadi hal yang demikian krusial akhir-akhir ini. Pemanasan Global atau Global Warming sudah menjadi isu global dan menjadi perhatian dunia selama beberapa dekade terakhir. Pemanasan Global disebabkan oleh Efek Rumah Kaca yang menjadikan suhu rata-rata di permukaan Bumi terus mengalami kenaikan yang signifikan. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, Bumi diprediksi akan menjadi tempat yang panas dan tidak layak untuk ditinggali. Selain itu akan muncul berbagai macam permasalahan dan bencana.

Mengatasi Pemanasan Global
Mengatasi Pemanasan Global

Efek Rumah Kaca adalah analogi yang dipakai untuk menggambarkan keadaan di atmosfer Bumi di mana berbagai macam gas sebagai hasil dari emisi pembakaran seperti, CO2, SO2, NO2 dan senyawa CFC menjebak panas radiasi Matahari yang sehaarusnya dipantulkan ke luar Bumi. Dalam keadaan normal Efek Rumah Kaca ini bermanfaat untuk menjaga perbedaan suhu di Bumi antara siang dan malam. Namun, ketika besarnya sudah melewati ambang batas, gas-gas ini menjadikan suhu di Bumi terus bertambah.

Dampak Pemanasan Global

Dampak bencana alam yang ditimbulkan dari pemanasan global adalah mencairnya es di kutub yang berdampak naiknya permukaan air laut. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, beberapa pulau dan kota-kota yang berada dekat dengan permukaan laut akan tenggelam. Selain itu, suhu yang sangat panas mengakibatkan bencana gelombang panas, kekeringan, panen gagal, dan juga kebakaran hutan. Perubahan musim juga menjadi sulit untuk diprediksi. Perubahan iklim yang sangat ekstrem juga berpengaruh pada ekosistem dan berkurangnya populasi hewan atau tumbuh-tumbuhan yang gagal beradaptasi dengan cepat.

Sebelum mengulas langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian Bumi dari dampak bahaya Pemanasan Global, terlebih dahulu kita harus mengetahui Penyebab Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global terlebih dahulu.

Penanggulangan Pemanasan Global

Upaya penanggulangan Global Warming sebagai dampak dari Efek Rumah Kaca dimulai dari diri kita. Dalam artian kita menumbuhkan kesadaran akan bahaya Pemanasan Global dengan menghemat penggunaan energi dan emisi CFC, dan tidak membakar sampah sembarangan dan lain sebagainya. Upaya-upaya tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut

Mengatasi Pemanasan Global #1 Melakukan Penghijuan atau Reboisasi

Karbon dioksida (CO2) dan gas-gas yang merupakan hasil dari pembakaran diserap oleh tumbuh-tumbuhan yang ada di Bumi. Berkurangnya lahan hijau terbuka, kurangnya resapan, kita rasakan dampaknya dengan cuaca panas di sekitar kita. Dalam skala global, berkurangnya lahan hijau akibat penebangan hutan secara liar mengurangi suplai oksigen ke udara. Melakukan penghijauan, menyediakan lahan resapan, dan mengurangi kerusakan hutan membuat keseimbangan di alam kita lebih terjaga.

Mengatasi Pemanasan Global - Reboisasi
Mengatasi Pemanasan Global – Reboisasi

Mengatasi Pemanasan Global #2. Menghemat Penggunaan Listrik

Melakukan penghematan sumber energi termasuk menghemat penggunaan listrik adalah salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk membantu mengatasi pemanasan global. Saat ini kebanyakan pembangkit listrik menggunakan bahan bakar fosil yang menghasilkan CO2. Gas buangan atau emisi karbon ke atmosfer Bumi dari banyak pembangkit listrik ini menyumbangkan banyak gas rumah kaca yang menyebabkan terjadinya Global Warming.

Mengatasi Pemanasan Global #3. Mengurangi Emisi Karbon di Jalan Raya

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi Efek Rumah Kaca adalah dengan mengurangi penggunaan alat transportasi atau kendaraan bermotor/mobil. Kendaraan yang menghasilkan polutan yang tinggi dan menghasilkan gas buangan karbon dioksida ataupun gas karbon monoksida sudah seharusnya dilarang beredar di jalanan. Jumlah kendaraan dengan bahan bakar minyak yang terus bertambah diyakini turut menyumbang terjadinya Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global. Oleh karena itu, sekarang mulai diciptakan mobil ramah lingkungan yang tidak menghasilkan emisi karbon. Ke depannya, mobil listrik akan digunakan lebih banyak orang di Dunia.

Mengatasi Pemanasan Global #4. Mengurangi Penggunaan CFC

CFC atau ChloroFluoro Carbon adalah salah satu senyawa gas rumah kaca yang berakibat pada pemanasan global yang terjadi dewasa ini. CFC diakibatkan dari penggunaan alat-alat rumah tangga bertenaga listrik yang berfungsi sebagai pendingin seperti lemari es dan pendingin ruangan (AC). teknologi tersebut memang membantu manusia dalam hal merekayasa suhu baik di ruangan atau untuk menyimpan bahan makanan. Namun demikian, alat-alat tersebut mengeluarkan gas ke udara yang memberi kontribusi terhadap terjadinya pemanasan global.

Mengatasi Pemanasan Global #5. Mengatasi Permasalahan Sampah dengan Bijaksana

Selama ini sampah selalu menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi olah manusia dan lingkungannya. Di beberapa kota, pemukiman, dan bahkan di kompleks perumahan, sampah selalu menjadi masalah yang dihadapi. Sampah organik bisa hancur dengan sendirinya. Namun dalam jumlah besar, sampah organik yang tidak ditangani dengan baik juga akan menjadi masalah yang besar karena polusi penyakit yang mungkin ditimbulkannya. Sementara itu sampah nonorganik yang paling banyak adalah plastik dan limbah rumah tangga lainnya. Selama ini sampah dimusnahkan dengan cara dibakar. Namun cara ini adalah cara yang tidak bijaksana dan ramah lingkungan karena karbon dioksida yang dihasilkan dari pembakaran menyebabkan Efek Rumah Kaca.

Cara penanganan sampah nonorganik bisa dilakukan dengan memanfaatkannya atau mendaur ulangnya lagi. Sementara sampah organik bisa diolah menjadi kompos atau pupuk hijau yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan.

Selain itu, kita juga sudah harus beralih menggunakan sumber energi yang bukan berbahan bakar fosil. Ilmu pengetahuan dan teknologi sudah mulai memanfaatkan tenaga Matahari, tenaga air dan tenaga angin.

 

 

About unik

Check Also

Fakta tentang Dinosaurus-Ratusan Juta Tahun Lalu

Fakta tentang Dinosaurus

Fakta tentang Dinosaurus Artikel Fakta Unik Dunia kali ini membahas topik dengan judul¬†“Fakta tentang Dinosaurus”. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *