banner 468x60

Penyebab Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global

banner 468x60
banner 160x600

Penyebab Efek Rumah Kaca

Apa Itu Efek Rumah Kaca, Pemanasan Global dan Penyebabnya

Anda pasti sudah sering kali mendengar istilah “efek rumah kaca” atau Green House Effect dan juga Pemanasan Global atau Global Warming. Tapi, apa sih sebenarnya definisi dari Efek Rumah Kaca itu? Terus apa hubungannya rumah-rumah kaca dengan pemanasan global ya? Apakah rumah yang banyak kacanya akan menyebabkan terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global? Lalu apa saja Penyebab Efek Rumah Kaca dan Bagaimana cara Mengatasinya?

Definisi Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca adalah istilah untuk menggambarkan panas atau suhu di permukaan bumi yang meningkat dikarenakan panas dari Matahari terjebak di dalam atmosfer dan membuat suhu udara semakin hari semakin bertambah panas. Apabila hal tersebut dibiarkan terus-menerus, Bumi akan menjadi tempat yang tidak nyaman untuk kita tinggali karena suhu yang semakin panas.

Dampak yang lain adalah berbagai macam kerusakan dan bencana yang mengintai di masa depan. Banjir, kebakaran hutan adalah adalah beberapa contoh bencana alam yang menjadi konsekuensinya. Suhu di permukaan Bumi yang terus naik juga berdampak terhadap kesehatan, munculnya berbagai macam penyakit  serta menurunnya kekebalan tubuh manusia pada umumnya.

Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Joseph Fourier pada tahun 1824 untuk menjelaskan proses pemanasan dari permukaan benda-benda langit, terutama planet-planet dan satelit yang merupakan akibat dari komposisi dan keadaan atmosfer dari benda langit tersebut. Joseph Fourier adalah ahli fisika dan matematika asala Prancis yang terkenal dengan deret Fourier-nya.

Venus adalah contoh ekstrem dari efek rumah kaca. Meskipun bukan planet terdekat dari Matahari, Venus adalah planet terpanas dalam Tata Surya karena efek rumah kaca di atmosfernya menjebak panas dari Matahari. Namun dalam kesempatan ini kita hanya akan membicarakan tentang Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global yang terjadi di Planet Bumi saja. Baca juga: Fakta tentang Kehidupan Sehari-hari yang Mungkin Anda Lewatkan

Apa Itu Gas Rumah Kaca

Apa yang dimaksud dengan gas rumah kaca? Kenapa gas-gas jenis tertentu memberi kontribusi terhadap terjadinya efek rumah kaca dan pemanasan global? Gas Rumah Kaca adalah gas-gas yang terdapat di atmosfer Bumi yang keberadaannya menyebabkan efek rumah kaca berupa peningkatan suhu di permukaan Bumi. Gas-gas tersebut pada dasarnya muncul dengan sendirinya, secara alami ada sebagai komponen penyusun atmosfer Bumi. Namun ada juga yang muncul sebagai akibat dari ulah manusia.

Gas-gas tersebut utamanya adalah karbon dioksida (CO2). Selain itu, masih ada lagi yang juga dapat berdampak terjadinya efek rumah kaca yaitu belerang dioksida, nitogen monoksida (NO) serta Nitrogen dioksida (NO2), juga beberapa senyawa organik; gas metana dan CFC Chlorofluorocarbon atau klorofluorokarbon.

Penyebab Efek Rumah Kaca

Lalu apakah penyebab dari Efek Rumah Kaca? Apakah Efek Rumah Kaca sepenuhnya buruk dan ber

Penyebab Efek Rumah Kaca

Penyebab Efek Rumah Kaca

bahaya bagi kelangsungan kehidupan di Bumi? Efek Rumah Kaca terjadi sebagai akibat dari meningkatnya konsentrasi dari gas-gas seperti Karbon Dioksida (CO2) dan juga gas-gas lain yang berada di atmosfer Bumi. Baca juga: Fakta Menarik tentang Planet Bumi

Naiknya konsentrasi gas Karbon Dioksisa di atmosfer Bumi terjadi karena banyaknya pembakaran yang menghasilkan CO2 seperti pembakaran Bahan Bakar Minyak (BBM), batu bara dan bahan organik lainnya yang di luar batas. Pada ambang batas tertentu gas-gas hasil pembakaran ini diserap oleh tumbuh-tumbuhan. Akan tetapi ketika jumlahnya melebihi ambang batas terjadilah apa yang kita kenal sebagai Pemanasan Global. Efek Rumah Kaca tidak selamanya berarti buruk karena tetap diperlukan untuk menjaga perbedaan suhu antara siang dan malam yang tidak terlalu ekstrem.

Akibat Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca dalam skala besar berpengaruh pada perubahan iklim secara global. Bagaimanapun juga, naiknya suhu rata-rata di permukaan Bumi berakibat pada terjadinya perubahan iklim secara drastis. Perubahan iklim secara ekstrem bisa merusak ekosistem dan keseimbangan alam lainnya. Beberapa dampak dari naiknya suhu rata-rata di Bumi adalah mencairnya es di kutub yang diikuti dengan naiknya permukaan air laut. Beberapa tempat yang rendah dalam jangka panjang akan tenggelam. Meningkatnya CO2 di atmosfer Bumi juga menyebabkan gelombang panas seperti pernah terjadi di beberapa daerah belakangan ini.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Bagaimanakah cara kita menjaga agar Bumi tetap menjadi tempat yang nyaman dan layak ditinggali oleh anak cucu kita kelak? Karena seperti kita ketahui efek rumah kaca yang berakibat pada pemanasan global terjadi dari banyaknya emisi karbon, maka sudah seharusnya kita menghemat penggunaan bahan bakar minyak, listrik dan melakukan penghijauan karena tumbuh-tumbuhan mampu menyerap gas-gas yang menyebabkan efek rumah kaca. Selanjutnya, baca: Mengatasi Pemanasan Global atau Global Warming

 

banner 468x60
Tags:
author

Author: