banner 468x60

Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Kita Tahu

banner 468x60
banner 160x600

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung

Ada beberapa cara untuk mencegah Penyakit Jantung

Bagaimanakah cara mencegah penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja ini? Anda mungkin sudah mengetahui bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Darah di dalam tubuh Anda akan menjadi sia-sia apabila jantung berhenti berdetak. Jantung lah yang bertugas memompa untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara-cara mencegah penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mencegah Serangan Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini. Beberapa di antaranya mungkin sudah sangat familier bagi kita. Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami 

1. Olahraga Secara Teratur.

Berolahraga ringan seperti jalan kaki selama sekurangnya 30 menit setiap harinya membantu menurunkan risiko serangan jantung. Jangan lupa juga untuk rajin-rajin memeriksa tekanan darah. Targetkan Anda mencapai tekanan darah normal yaitu 115/75. Jalankan pola hidup sehat untuk jantung Anda ya … Alkohol dan rokok adalah hal yang harus dipantang untuk kesehatan jantung. Selain itu, jauhi makanan-makanan berlemak (padahal enak tuh).

2. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Anda suka kacang rebus, kacang bawang, kacang goreng, kacang mete dan teman-temannya? Kabar baiknya makan kacang-kacangan sekurang-kurangnya 250 g per hari akan membantu tubuh meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain itu, kacang-kacangan juga membantu ketika tubuh mengalami peradangan. Makanan jenis kacang-kacangan juga membantu jantung tetap sehat karena mengandung asam lemak yang di dalamnya terdapat asam lemak omega 3 tinggi protein dan kaya serat.

3. Saos Tomat

Makanan ini ternyata baik untuk jantung. Ada baiknya Anda makan saos tomat setiap hari, tetapi pilih yang paling bagus dan kandungan tomatnya tinggi ya. Kandungan kalium yang tinggi yang terdapat pada saos tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Mengonsumsi Buah Stroberi

Buah stroberi yang memiliki rasa masam dan manis yang khas ini ternyata termasuk dalam makanan yang baik untuk jantung kita. Buah ini memiliki kandungan senyawa anti peradangan yang dapat membantu menurunkan risiko serangan dan penyakit jantung. Selain itu, buah ini bagus kita konsumsi secara rutin karena memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker dan membantu memperbaik veskuler.

5. Jalankan Pola Hidup Sehat dengan Pola Makan Sehat

Nah. Seperti yang sudah dibahas di depan tadi, pencegahan penyakit jantung harus dilakukan dengan membiasakan pola hidup yang sehat dengan menjalankan pola makan sehat. Seperti apa itu? Hindari makanan-makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Makanan laut atau seafood banyak sekali yang menggemarinya, tetapi tidak baik untu jantung karena kebanyakan memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Jangan lupa juga mengurangi gorengan yang berlemak. Daripada digoreng, makanan lebih bersahabat dengan jantung ketika dikukus atau direbus.

6. Berhenti Merokok

Di semua referensi, rokok lebih banyak merugikan daripada manfaatnya. Lalu kenapa masih terus merokok. Rokok yang kita isap membuat paru-paru serta saluran pernapasan kita terpapar nikotin. Selain itu, mengisap rokok dapat menyebabkan risiko serangan jantung yang membahayakan jiwa Anda. Oleh karena itu, salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan berhenti merokok. Kalau Anda bukan perokok, bersyukurlah, Anda selangkah lebih di depan. Baca juga: Gejala Kanker Paru-paru yang Harus Anda Ketahui

7. Menghindari Stres

Stres dapat terjadi dan menyerang siapa saja, pria atau wanita, tua atau muda, dewasa atau bahkan pada anak-anak. Beban pekerjaan, tuntutan atau gaya hidup yang semakin sibuk, macet, hiruk pikuk dan serba menuntut membuat stres bisa datang sewaktu-waktu. Pada saat kita mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang menyebabkan kekakuan pada pembuluh darah. Tubuh yang stres juga memproduksi hormon norepinephrine yang menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Maka, jika Anda menyayangi jantung Anda, hindari stres baik di rumah mauun di tempat kerja Anda. rileks …. Selanjutnya baca: Fakta dan Mitos tentang Kesehatan yang Paling Populer

 

banner 468x60
Tags:
author

Author: