Home / Sepak bola / Bursa Transfer Pemain: Neymar Pindah ke PSG
Transfer Neymar PSG
Transfer Neymar PSG

Bursa Transfer Pemain: Neymar Pindah ke PSG

Bursa transfer pemain 2017 Neymar ke PSG

Bursa Transfer Musim Panas 2017

Bursa Transfer Pemain Bola musim 2017: Neymar ke PSG
Rumor tentang kepindahan Neymar dari Barcelona ke klub kaya raya yang bermain di League 1, Paris Saint Germain (PSG) mewarnai hiruk pikuk bursa transfer musim panas 2017 ini. Banyak spekulasi, tarik ulur, drama yang mungkin membuat fans Blaugrana, julukan Barcelona FC menjadi tidak enak hati dibuatnya. Sebelumnya sempat diberitakan beberapa pemain Barcelona menyatakan sikapnya terkait megatransfer tersebut, Mulai dari Gerard Pique hingga Lionel Messi.

Namun dalam perkembangannya angin yang bertiup kencang ke arah ibu kota Prancis tersebut sulit sekali diredakan. Kabarnya tidak lama lagi Neymar akan diumumkan secara resmi sebagai pemain Paris Saint Germain. Beberapa waktu yang lalu pemain bersangkutan bahkan sudah menyampaikan salam perpisahannya kepada teman-teman seklubnya. Dengan demikian, Bursa Transfer Pemain Bola musim 2017: Neymar ke PSG tinggal menunggu pernyataan resmi dari klub.

Kehebohan di jagat sepak bola akhir-akhir ini bukan saja tentang alasan mengapa Neymar mengambil keputusan meninggalkan Barca yang selalu dianggap sebagai salah satu klub sepak bola terbaik sejagat, tetapi juga soal nilai klausul pelepasan yang fantastis yang harus dibayarkan oleh pihak PSG. Dana luar biasa besar yang harus dikucurkan La Parisiens disebut-sebut tidak masuk akal dan mustahil tidak merusak neraca keuangan klub. Angka pembayaran tersebut juga melanggar kebijakan finansial klub-klub sepak bola Eropa.

Transfer yang menghebohkan dan memecahkan rekor transfer sepak bola dunia terealisasi sudah. Baca juga: Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Tidak Sesederhana yang Dibayangkan

PSG dipercaya telah menyepakati untuk menebus pelepasan Neymar dan membayarnya di harga 222juta Eu

Transfer Neymar PSG
Transfer Neymar PSG

ro. Namun demikian, megatransfer yang memecahkan rekor dunia tersebut tidaklah sesederhana yang kita bayangkan.

Angka sebesar itu dipastikan akan merusak neraca keuangan klub yang berpotensi melanggar aturan tentang kebijakan finansial klub. PSG kemungkinan akan melakukan pembayaran dengan sejumlah trik. Salah satunya adalah dengan cara mencicil pembayaran ke Barcelona selama tiga tahun masa finansial. Cara yang kedua adalah Neymar sendiri yang membayar klausul pelepasan kontraknya, kemudian PSG akan menggantinya.

 

UEFA Mengawasi Transfer Neymar

Megatransfer Neymar dari Barcelona ke PSG berpotensi melanggar peraturan finansial. Cara yang paling kontroversial terkait pembayaran pelepasan klausul tersebut adalah dengan melibatkan pihak ketiga. PSG bisa saja meminta bantuan pihak ketiga dalam hal ini Qatar Sports Investment (QSI) selaku perusahaan induknya untuk membeli sang pemain.

PSG bisa saja tidak mengeluarkan biaya sedikit pun karena pembelian pemain menggunakan pihak ketiga. Cara ini dianggap tidak sportif oleh pihak Blaugrana dan juga otoritas sepak bola Spanyol. Oleh karena itu, pihak El Barca berencana untuk melaporkan PSG ke UEFA atau bahkan ke badan Pengadilan Arbitrase Olahraga. Sementara itu, UEFA sendiri sudah menyatakan bahwa mereka akan mengawasi dan mengawal dengan saksama megatransfer tersebut.

Selain menebus klausul pelepasan pemain yang jumlahnya WOW, Les Parisiens dikabarkan juga masih harus membayarkan sejumlah uang sebagai pajak kepada otoritas Prancis yang jumlahnya besar. Pajak tersebut diperkirakan bernilai 100 hingga 120 juta euro. Dengan demikian, biaya kotor untuk transfer Neymar ini adalah sebesar 350 juta euro.

Kontrak Neymar di PSG dan Pemain Bola Bergaji Termahal

Neymar dikabarkan telah menyepakati kontrak berdurasi 5 tahun di klub asal kota mode Paris ini. Kontrak tersebut mengikatnya di Parc des Princes sampai dengan tahun 2022 saat ia berusia 30 tahun.

Transfer terheboh musim panas ini kemungkinan besar akan diikuti rekor lainnya yaitu berkaitan dengan gaji yang akan diterimanya. Transfer yang tinggal menunggu untuk diumumkan resminya ini akan menempatkan Neymar sebagai pesepak bola dengan bayaran termahal sejagat. Di klub kaya raya ini, Neymar dikabarkan disodori gaji per tahun sebesar 30 sampai dengan 40 juta euro. Jika sampai 40 juta euro Neymar akan menggeser posisi Carlos Tevez sebagai pesepak bola bergaji termahal (35.75 juta euro per tahun). Di Barcelona, Neymar mendapatkan 16 juta euro per musim belum termasuk bonus.

Faktor Uang atau Prestasi

Tidak bisa ditutup-tutupi bayaran uang lebih dari dua kali lipat tentu saja menggiurkan bagi siapa saja, termasuk Neymar. Namun, apakah kepindahan sang pemain ke sepak bola Prancis semata-meta soal uang?

Sebelum hijrah ke Eropa, Neymar sudah menjadi pembicaran dunia. Ia menjadi fenomena baru di era sepak bola yang dikuasai oleh dua aktor terbaik dunia, minimal dari gelar terbaik Ballon d’Or yang diraih, yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pada 2013 lalu, Neymar akhirnya memilih memperkuat Blaugrana dan meraih sejumlah prestasi yang membanggakan. Namun di sana, ia selalu berada di bawah bayang-bayang Messi.

Menjadi pemain dengan bergelimang uang dan kemewahan tentu menjadi dambaan banyak pesepak bola. Uang, meski bukan satu-satunya, menjadi motivasi bagi sang pemain menjajal sepak bola Prancis. Selain itu, ayah sang pemain diberitakan juga akan mendapatkan komisi sebesar 40 juta euro apabila megatransfer ini terealisasi..

Ambisi menjadi pemain terbaik membuatnya memutuskan mengakhiri kebersamaannya dengan Blaugrana. Ada spekulasi yang mengatakan bahwa kepindahannya ke PSG hanya menjadi semacam batu loncatan sebelum ia hijrah ke klub rival, Real Madrid. Pindah langsung ke Los Blancos tentu akan menjadi sesuatu yang mencoreng namanya. Ia tidak mau mengalami nasib buruk seperti Luis Figo misalnya …

Syuper sekali!

 

 

About unik

Check Also

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia - Paul Pogba

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

Daftar 10 Pemain Termahal Dunia 2017 Transfer Neymar dari La Blaugrana Barcelona ke klub kaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *