banner 468x60

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

banner 468x60
banner 160x600

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Banyak dari kita mengalami gangguan pada gigi, entah bentuk atau strukturnya yang tidak rapi, warna atau tampilannya yang kurang cemerlang atau apa pun itu. Yang pasti gangguan atau penampilan yang kurang menarik tentu saja bukan hal yang menyenangkan untuk kita pertahankan.

Secara umum warna gigi terlihat putih karena itu adalah warna dari lapisan transparan enamel atau email gigi, warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada di antara enamel dan dentin. Enamel atau email (bukan surat elektronik lho ya) adalah lapisan terluar yang melindungi gigi.

Cara Memutihkan Gigi secara Alami

Cara Memutihkan Gigi secara Alami

Penelitian menunjukkan bahwa warna gigi kita dapat berubah karena adanya noda yang bisa berasal dari luar maupun dari dalam. Faktor-faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning yang paling umum adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kebiasaan merokok juga berpengaruh terhadap perubahan warna gigi. Obat-obatan yang dikonsumsi untuk pengobatan tertentu juga berdampak pada perubahan warna gigi. Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Wajah secara Alami

Nah, kira-kira kalau kita bermasalah dengan penampilan dan warna gigi yang kusam dan tidak cemerlang bagaimanakah cara mengatasinya? Berikut ini kami sajikan tips Cara Memutihkan Gigi secara Alami yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Siwak

Siwak adalah tanaman atau phon yang tumbuh di daerah sekitar Timur Tengah, Arab, Mesir dan sekitarnya. Bahan tanaman ini telah lama dipercaya dipakai sebagai bahan untuk membersihkan gigi. Bagian yang dipakai untuk membersihkan gigi umumnya berasal dari kulit batang atau bagian akar.

Perawatan dengan menggunakan bahan ini bisa dilakukan dengan menumbuk kulit batang atau akar tanaman siwak hingga halus kemudian mencampurkannya dengan sedikit air. Gunakan sebagai pasta gigi atau berkumur.

2. Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Stroberi

Stroberi atau strawberry dikenal sebagai buah-buahan yang enak dikonsumsi walaupun rasanya asam. Anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai buah stroberi. Namun demikian, nyatanya buah stroberi mempunyai manfaat untuk perawatan dan memutihkan gigi. Anda dapat melakukan perawatan menggunakan buah stroberi dengan mudah.

Mengunyah-ngunyah buah ini atau menggosokkan pada gigi dan membiarkannya selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat akan memberikan dampak yang memutihkan gigi. Anda juga bisa menghaluskan buah stroberi dan mencampurkannya dengan sedikit baking soda sebelum menggunakannya sebagai pasta gigi. Lakukan perawatan pemutihan gigi ini secara tertatur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Cara Memutihkan Gigi secara Alami - dengan Buah Stroberi

Cara Memutihkan Gigi secara Alami – dengan Buah Stroberi

3.Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Minyak Kelapa

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa yang kita gunakan untuk menggoreng mempunyai khasiat yang lain yang bermanfaat untuk memutihkan gigi? Minyak kelapa memiliki kandungan lemak nabati yang unik dan kaya manfaat.
Untuk perawatan memutihkan gigi yang mulai menguning siapkan satu sendok makan minyak kelapa lalu oleskan pada permukaan gigi dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu buang atau ludahkan minyak tersebut sebelum berkumur dengan air bersih lalu lanjutkan dengan menyikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

4. Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Garam dan Jeruk Lemon

Jeruk lemon dikenal sebagai bahan yang memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Sementara itu garam mempunyai daya untuk mengelupas noda termasuk kotoran pada permukaan gigi. Perpaduannya dengan garam dapur dapat kita manfaatkan untuk membersihkan plak pada gigi dan lapisan yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Baca juga: Manfaat Minum Air Putih sebelum Tidur

Memutihkan gigi secara alami dengan kedua bahan ini dapat kita lakukan dengan mudah dan praktis. Kedua bahan ini pun terbilang mudah untuk didapatkan. Campurkan kedua bahan tersebut dalam satu sendok teh. Kemudian gosokkan campuran tersebut ke permukaan gigi lalu diamkan selama beberapa menit. Mungkin gigi akan terasa linu atau ngilu. Setelah itu kumur-kumurlah dan bilas dengan air hangat. Anda juga bisa melakukan perawatan memutihkan gigi dengan menggunakan kulit jeruk lemon. Gosok-gosokkan kulit jeruk lemon seperti ketika menyikat gigi. Untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan secara rutin dan teratur dua kali dalam seminggu.

5. Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Kulit Jeruk

Buah jeruk kita kenal sebagai buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Seperti halnya buahnya, demikian juga kulit jeruk kita dapat mengambil manfaatnya, salah satunya sebagai bahan untuk membersihkan gigi. Ya, kulit jeruk bisa kita manfaatkan untuk merawat dan memutihkan gigi. Baca: Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Kulit jeruk biasanya kita buang sebagai sampah. Anda bisa menyimpannya sebagai bahan alami pemutih gigi. Caranya dengan mengeringkan kulit jeruk yang kita potong kecil-kecil. Setelah kering kita bisa memblendernya dan menjadikannya bubuk. Bubuk inilah yang nantinya kita gunakan sebagai pasta gigi dengan mencampurkannya dengan air. Gunakan sebagai pasta gigi. Setelah itu bilas dan kumur-kumur dengan air hangat. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang kinclong dan menawan.

6. Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Cuka Apel

Cuka apel telah lama dipakai untuk diet dan perawatan tubuh. Cuka sari apel adalah cuka yang dibuat dari fermentasi buah apel. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa sari buah apel ini mempunyai kemampuan untuk menghilangkan noda pada gigi yang disebabkan kafein; kopi, rokoh, teh, dan makanan yang kita konsumsi.

Berkumur dengan cuka sari apel mampu membersihkan lapisan gigi dan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Larutkan dua sendok cuka sari buah apel pada setengah gelas air putih. Kumur-kumurlah selama satu menit untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah itu Anda bisa menggosok gigi dengan pasta gigi seperti biasanya.

Cara Memutihkan Gigi secara Alami - dengan Cuka Apel

Cara Memutihkan Gigi secara Alami – dengan Cuka Apel

7. Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Arang Kayu

Anda pasti tidak percaya arang gigi yang berwarna hitam bisa kita gunakan untuk memutihkan gigi. Hal ini dikarenakan senyawa aktif karbon pada arang kayu mampu mengikis dan mengupas noda pada permukan gigi. Gunakan sekali waktu saja.

UNtuk mendapatkan manfaat dari arag kayu untuk memutihkan gigi, tumbuk arang kayu hingga menjadi bubuk. Setelah itu beri sedikit air hingga menjadi pasta dan gunakan sebagai pasta gigi. Kemudian bersihkan dan berkumur dengan air hangat. Anda akan tercengang sendiri melihat hasilnya.

Selamat mencoba yaaa …

 

 

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: