banner 468x60

Cara Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

banner 468x60
banner 160x600

Cara Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Mengetahui Dan Mengurangi Resiko Stroke dan Penyakit Jantung

CAra mencegah stroke dan penyakit jantung. Kita harus melindungi diri dari stroke dan penyakit jantung. Berdasarkan data dari data lembaga kesehatan di Amerika Serikat, setiap 45 detik, seseorang warga negara di sana mengalami serangan penyakit mematikan ini. Penyakit ini membunuh sekitar 160.000 orang per tahun. Kebanyakan penderitanya adalah wanita; Setiap tahun, sekitar 40.000 lebih banyak wanita daripada pria terkena stroke dan lebih dari 60 persen dari semua kematian akibat stroke terjadi pada wanita. Fakta yang mencengangkan. Di seluruh dunia penyakit stroke dan jantung semakin mengancam harapan hidup secara global.

Adalah penting untuk mengetahui berbagai faktor risikonya. Yang perlu diingat adalah bahwa beberapa di antaranya dapat dicegah dan dapat dikendalikan. Mengenali gejalanya adalah hal yang tidak kalah pentingnya sehingga banyak efek samping serius dapat dihindari. Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Harus Kita Tahu

Tekanan Darah:

Menurut American Heart Association atau Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika, tekanan darah tinggi adalah faktor risiko yang dapat dikontrol nomor satu untuk stroke. Riwayat keluarga dan faktor obesitas meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, juga pada wanita yang mengonsumsi pil KB atau sudah mencapai menopause memiliki risiko yang lebih tinggi. Gaya hidup sehat sangat membantu tetapi bagi banyak orang, obat tetap diperlukan. Baca juga: Cara Mengatasi Darah Tinggi secara Alami

Kolesterol:

Kadar lipoprotein low density lipoprotein (LDL) tingkat tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke; Kadar lipoprotein high-density lipoprotein (HDL) tingkat tinggi menurunkan kadar kolesterol tinggi. Studi menunjukkan bahwa kolesterol perempuan lebih tinggi daripada pria sejak usia 45 tahun dan tingkat kolesterol HDL yang rendah tampaknya merupakan faktor risiko yang lebih kuat bagi wanita.

Diabetes:

Diabetes dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan mengganggu kemampuan untuk memecah gumpalan darah, meningkatkan risiko stroke iskemik. Modifikasi gaya hidup dan pengobatan bisa membantu. Baca juga: Apa Itu Penyakit Diabetes

Diet dan Berolahraga:

Tiga puluh menit sehari melakukan aktivitas fisik sedang-ke-kuat dapat membantu mencegah penyakit jantung. Olahraga ringan juga membantu pembuluh darah dan mengendalikan kolesterol darah, diabetes dan obesitas, serta tekanan darah rendah. Orang dengan kelebihan lemak tubuh – terutama di sekitar pinggang – lebih cenderung terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, makanlah makanan sehat rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

Merokok dan Minum:

Perokok dan orang-orang yang terpapar asap setiap hari berada pada risiko stroke yang lebih besar. Selain itu, asupan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Cara Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Cara Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Gejala Stroke

Sangat penting untuk mengenali gejala stroke dan segera mencari pertolongan. Waktu adalah esensi dalam hal mencegah efek melemahkan dan bertahan lama. Gejalanya meliputi rasa mati atau kelemahan wajah, lengan atau tungkai yang tiba-tiba, terutama di satu sisi tubuh; kebingungan tiba-tiba, kesulitan berbicara atau memahami sesuatu; Tiba-tiba bermasalah pada penglihatan di salah satu atau kedua mata; tiba-tiba bermasalah dengan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan atau koordinasi, atau sakit kepala mendadak dan parah tanpa diketahui penyebabnya.

 

banner 468x60
Tags:
author

Author: